7 Cara dan Trik Sukses Jualan Dropship di Internet


Jualan sistem dropship secara teknis sangat sederhana dimana kita bertugas untuk mempertemukan antara pemilik produk dengan pembeli. Namun pada prakteknya tidak semudah dan sesederhana itu. Banyak hal-hal yang perlu kita perhatikan baik ketika kita mencari suplier atau pemilik produk maupun ketika kita menentukan media atau platform yang akan digunakan untuk menjual produk dari suplier.

Nah apa saja poin-poin yang benar-benar perlu menjadi perhatian kita sebagai seorang dropshiper? Langsung saja kita bahasa satu per satu ya ...

1. Kita harus menemukan terlebih dahluu suplier atau pemilik produk yang memiliki integritas baik.
Integritas disini maksudnya adalah suplier tersebut memiliki produk dengan kualitas yang baik, produknya tidak cacat, sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan. Sehingga pembeli tidak kecewa. Karena jika pembeli kecewa maka yang dirugikan adalah kita sebagai dropshiper, kenapa? Karena pihak suplier atau pemilik produk akan mengirim barangnya atas nama kita dan pembeli taunya itu adalah produk kita.

Maka otomatis seorang pembeli akan memberikan citra yang kurang baik kepada kita dan dikemudian hari sangat besar kemungkinan dia tidak mau lagi beli produk di kita.
Oleh karena itulah kita sebagai seorang drosphiper perlu benar-benar memastikan bahwa suplier yang kita ajak kerjasama memiliki integritas yang baik mengenai kualitas produknya.

2. Selain suplier harus memiliki produk dengan kualitas yang baik, suplier juga harus memiliki pelayanan pengiriman yang cepat atau tepat waktu alias tidak molor. 
Ada beberapa suplier yang ketika ada pembeli, mereka mengirim barangnya sangat lama. Dari proses order atau pesan sampai barang dikirim itu bisa memakan waktu yang sangat lama. Tugas kitalah sebagai dropshiper untuk memastikan hal ini, agar pembeli tidak terlalu lama menunggu untuk menerima produk yang di belinya.

3. Memastikan stok produk suplier
Sebagai seorang pelaku usaha tentu menginginkan usaha yang dilakukannya bisa berjalan langgeng atau jangka panjang. Nah, dalam kegiatan jualan dropship kalian sebagai harus juga memastikan apakah pihak suplier memiliki stok produk yang cukup atau kontinue.

Hal ini bertujuan agar ketika kita sudah memiliki konsumen yang banyak kemudian banyak dari konsumen kita yang melakukan repeat order atau belanja ulang, kita tidak kehabisan produk. Karena tentunya habis produk sama dengan hilang omset.

4. Lakukan secara palugada namun fokus ke produk fast moving
Palugada adalah apa yang lu mau gua ada. Bahasa mudahnya adalah kita menjual beraneka macam produk dengan tujuan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen pula. Dengan menjual berbagai macam produk maka kemungkinan terjadinya transaksi penjualan akan lebih tinggi dibanding jika kita hanya menjual satu macam produk saja.

Namun untuk melakukan palugada disarankan fokus hanya ke produk-produk yang fast moving, artinya produk yang kita jual memang sangat dibutuhkan oleh orang banyak sehingga penjualannya cepat.

Menjual produk-produk fast moving biasanya memiliki margin keuntungan yang kecil dibandingkan dengan menjual produk-produk slow moving. Namun sebagai seorang droshiper akan lebih menyenangkan jika kita diawal fokus pada produk fast moving terlebih dahulu walapun keuntungannya kecil, kenapa? Karena kita akan memiliki aliran arus kas yang cepat untuk bertahan hidup. Nanti setelah arus kas kita sudah lancar atau penjualan kita sudah stabil, kita bisa mecoba untuk ekspansi menjual produk-produk slow moving yang margin keuntungannya besar.

5. Sediakan pilihan cara bayar yang mudah
Agar proses jual beli kita semakin mudah, sebaiknya gunakan alat pembayaran yang umum digunakan orang banyak. Misalnya jika pembayaran menggunakan bank maka gunakan bank yang memang banyak digunakan orang banyak. Karena biasanya pembeli cenderung lebih suka jika bank tujuan transfernya adalah bank yang sama agar tidak terkena biaya admin.

6. Pilih media jualan yang ramai pengunjung
Ketika kita menjual produk tentunya ingin agar produk tersebut cepat laku terjual. Agar produk cepat laku kita harus mencari tempat jualan yang ramai pengunjung atau di keramaian.

Tempat atau media yang bisa kita gunakan di online atau di internet yang ramai pengunjung salah satunya adalah marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan shopee. Sebaiknya diawal kalian buka produk disana, selain membuka toko disana gratis, di marketplace juga kita bisa memposting atau mendisplay produk-produk kita dalam jumlah yang banyak.

Dan juga marketplace saat ini memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak, ada puluhan juta orang per bulan yang mengunjung marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan shopee.

Tempat lain yang juga ramai pengunjung dan bisa digunakan untuk berjualan di internet adalah Instagram dan Facebook. Kalian juga bisa menjual produk disana dan mendapatkan banyak trafik yang datang.

7. Promosi, promosi dan promosi
Ada sebuah hukum probabilitas dalam penjualan, yaitu 100 : 10 : 3 : 1. Artinya dari 100 orang yang melihat produk kita maka akan ada 10 orang yang tertarik, dari 10 orang yang tertarik maka akan ada 3 orang yang benar-benar serius ingin membeli dan dari 3 calon pembeli serius ini biasanya hanya 1 orang yang benar-benar membayar untuk membeli.

Jadi kesimpulannya adalah kalian harus terus menerus melakukan promosi agar produk kalian cepat dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang melihat produk kalian maka potensi terjualnya produk kalian akan semakin tinggi.

Selain di marketplace, facebook dan instagram, kalian juga bisa promosikan produk kalian melalui website, blog, whatsapp dan media lainnya dimana didalamnya terdapat banyak kerumunan orang.

Oke itulah 7 Cara dan Trik Sukses Jualan Dropship di Internet. Kalian bisa coba praktekan mulai dari sekarang satu per satu. Semoga bisnis kalian cepat sukses dan yang sukses semakin sukses.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan di share ke media sosial kalian ya ... agar semakin banyak orang yang mendapatkan informasi berharga.

Semoga bermanfaat,
Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghasil Uang Yang Masih Bisa Kamu Gunakan di tahun 2020

Cara Jualan di Internet Tahun 2020

5 Topik Youtube Yang Paling Disukai