Cara Jualan di Internet Tahun 2020


Halo apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan sukses ya ...

Kali ini kita akan membahas mengenai Cara Jualan di Internet yang paling mudah. Buat kalian yang baru akan memulai berbisnis tapi belum memiliki modal yang besar, belum memiliki produk sendiri atau masih bingung memulainya harus dari mana dan bagaimana, maka kalian perlu coba ikuti atau pertimbangkan beberapa gambaran yang kita akan bahas sekarang.

Untuk memulai bisnis di internet ada beberapa cara yaitu :

1. Jualan di FACEBOOK
Berdasarkan data dari We Ara Social disebutkan bahwa hingga januari 2018 jumlah pengguna facebook di Indonesia mencapai 130 juta user. Posisi ini merupakan posisi ke 4 terbesar dunia setelah India, Amerika dan Brazil.

Artinya dengan jumlah pengguna facebook yang sangat banyak tersebut. Kita memiliki potensi keuntungan yang besar untuk melakukan jualan melalui facebook karena produk yang kita jual akan dilihat oleh banyak orang.

Untuk jualan di Facebook, sebetulnya facebook sudah membantu para user dengan menyediakan yang namanya Facebook Business Manager dmana kita bisa melakukan iklan produk menggunakan fitur Facebook Ads.

Facebook Ads ini memiliki banyak kelebihan karena kita bisa menyesuaikan target market yang kita inginkan. Misalnya umur, jenis kelamin, tempat tinggal, hobi, kesenangan, dll. Artinya iklan kita akan sangat tertarget.

Syarat sebelum kalian bisa beriklan dengan facebook ads adalah harus memiliki fanspage atau halaman facebook terlebih dahulu yang berisi informasi mengenai produk atau jasa yang akan dijual. Baik itu berupa foto, video maupun artikel.

2. Jualan di INSTAGRAM
Berdasarkan data dari NapoleonCat untuk periode bulan Januari 2019 – April 2019 jumlah user atau pengguna aplikasi instagram adalah 56 juta user. Aplikasi Instagram ini merupakah tempat untuk berbagi foto dan video pendek yang di dalamnya tentu kita juga bisa membuat akun instagram yang berisi foto dan video dari produk-produk yang kita jual.

Selain itu instagram juga memiliki fitur Insta Story dimana kalian bisa membuat Story-Story yang menarik mengenai produk atau jasa yang dipasarkan.

Ada banyak sekali cara yang mengulas tentang bagiamana cara berjualan di instagram secara gratis. Namun jika kalian ingin mencoba fitur iklan yang ada di instagram kalian bisa menggunakan yang namanya instagram ads sehingga bisa menentukan target market secara spesifik.

Menggunakan instagram ads membuat produk atau jasa yang kalian buat bisa dilihat oleh orang yang tepat atau target market yang tepat sasaran.

3. Marketplace
Bahasa gampangnya marketplace adalah sebuah pasar namun secara online. Tentu kalian bisa lihat jika pasar di dunia nyata kondisinya pasti sangat ramai pengunjung dan banyak terjadi transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli atau pengunjung.

Sama halnya dengan marketplace. Didalam marketplace terdapat banyak pedagang yang membuka lapaknya disana dan terdapat juga banyak pengunjung yang datang. Kelebihannya adalah marketplace ini bisa diakses oleh semua orang diseluruh indonesia bahkan dunia. Hal ini membuat jualan di marketplace memiliki potensi keberhasilan yang besar.

Beberapa marketplace yang ada di Indonesia adalah TOKOPEDIA, SHOPEE dan BUKALAPAK. Kabarnya jumlah pengunjung TOKOPEDIA setiap bulannya adalah 66 juta pengunjung, disusul SHOPEE dengan 56 juta pengunjung dan BUKALAPAK 49 juta pengunjung.

Dan menariknya, membuat lapak atau toko di Marketplace ini GRATIS tanpa dipungut biaya sepeserpun. Kalian bisa membuat toko dan kemudian mendisplay atau memposting atau memajang semua foto-foto barang dagangan kalian.

4. Website atau Blog
Website atau blog ini bisa di ibaratkan adalah sebuah toko. Karena didalamnya kita bisa mendesain sesuai keinginan kita dan memposting beragam informasi mengenai company profile, foto produk, video bahkan sampai artikel-artike yang berhubungan dengan produk atau jasa yang kita jual.

Perbedaan Website ini dengan marketplace adalah masalah Independen, dimana jika marketplace kita menginduk tempat kepada marketplace tersebut namun jika website kita sendiri yang memiliki tempatnya.

Selain itu, kelebihan memiliki website atau blog adalah kita bisa menggiring trafik atau pengunjung yang ada di facebook, instagram, marketplace ke websiste atau blog kita sehingga kita bisa memiliki database mereka dan untuk jaga-jaga jikalau di kemudian hari platform seperti marketplace, facebook dan instagram tidak lagi ramai digunakan orang banyak.

5. Youtube
Saat ini youtube menjadi platform atau media berbagi video terbesar di dunia. Didalamnya kita bisa membuat video apapun yang kita inginkan termasuk membuat video-video tentang produk atau jasa yang kita jual.

Karena penggunanya yang banyak, maka video yang kita upload di youtube berkemungkinan besar akan mendapatkan viewers atau penonton yang sangat banyak. Asalkan video kita menarik, bermanfaat dan menghibur. Tentunnya setiap video yang kita upload ke youtube harus menggunakan judul atau deskripsi yang sesuai agar ketika orang mengetik keyword di youtube maka video kita bisa muncul.

Jadi Youtube ini bisa kalian gunakan sebagai media untuk berbagi informasi mengenai produk yang kalian jual sebanyak-banyaknya.

Oke itulah beberapa cara jualan di intenet yang paling mudah dan memungkinkan. Kalian bisa pelajari satu per satu dan mencobanya untuk mulai mendapatkan penghasilan dari jualan di Internet.
Jika kaian sudak dengan artikel ini silahkan share ke teman-teman kalian ya, agar semakin banyak orang yang terinspirasi.

Terimakasih,
Semoga Bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghasil Uang Yang Masih Bisa Kamu Gunakan di tahun 2020

5 Topik Youtube Yang Paling Disukai