3 Pondasi Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Youtuber



Di jaman milenial seperti sekarang ini rasanya tertinggal sekali jika kita tidak mengetahui apa itu youtube. Ya, youtube saat ini menjadi salah satu plafform media sosial yang sangat ramai dikunjungi orang setiap harinya diseluruh dunia. Youtube menjadi tempat dimana kita bisa berbagi video apapun yang kita buat dan menguploadnya di dunia maya.

Belakangan ini ramai sekali orang-orang berbondong-bondong ingin menjadi seorang youtuber. Bagaimana tidak, kita bisa melihat fenomena seorang youtuber terkenal seperti Pewdiepie asal swedia yang berhasil meraih uang ratusan milyar rupiah hanya dengan bermain game dan mengupload video rekaman bermain game ke youtube.

Di Indonesia sendiri kita sudah melihat banyak sekali contoh para youtuber seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis yang mampu memiliki jumlah subscriber mencapai 19 juta. Dimana mereka mendapatkan uang ratusan juta hingga milyaran rupiah setiap bulannya. Hal ini tentu membuat orang-orang berlomba untuk menjadi seorang youtuber.

Tidak hanya Ria Ricis dan Atta Halilintar, namun para youtuber pemula pun yang jumlah subcribernya masih dikisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu pun sudah bisa mendapatkan penghasilan belasan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Hal ini tentu membuat banyak orang tergiur untuk terjun dan menekuni dunia youtube.

Namun pertanyaannya apakah semua orang bisa menjadi seorang youtuber? Faktanya banyak orang yang gagal dan berhenti ditengah jalan ketika awalnya mereka memutuskan untuk menjadi seorang youtuber. Banyak faktor yang membuat mereka berhenti ataupun gagal menjadi youtuber.

Menjadi seorang youtuber juga diperlukan teknik dan strategi bagaimana agar kita bisa bertahan dan konsisten untuk terus mengupload video secara rutin dan kontinue. 

Nah, sebelum kalian melangkah lebih jauh untuk memulai menjadi seorang youtuber, 3 pondasi dasar yang harus kalian miliki agar perjalanan menjadi seorang youtuber bisa berjalan dengan baik dan sukses.

3 Pondasi Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Youtuber :

1. Gimmick
Ya, untuk menjadi seorang youtuber apalagi youtuber terkenal kalian sangat perlu sekali memiliki yang namanya GIMMICK atau CIRI KHAS. Kalian harus menentukan dan berpikir kira-kira apa yang akan menjadi ciri khas kalian sehingga orang ketika melihat video yang kalian lihat bisa mengingat diri kalian dengan cepat. 

Contohnya seperti Atta Halilintar dia memiliki Gimmick atau Ciri Khas salah satunya adalah dari kostum yang dipakainya, kemudian gaya bicara dia yang energik. Nah itulah yang disebut Gimmick. Jadi kalian harus memiliki Gimmick untuk terjun menjadi seorang youtuber.

Gimmick atau ciri khas ini tidak harus selalu dari kostum atau gaya bicara, namun bisa juga dari tema channel youtube kalian. Misalnya kalian membangun channel youtube mengenai Hewan Peliharaan, nah kalian konsisten selalu mengupload video yang berhubungan dengan hewan peliharaan pun itu sudah termasuk gimmick atau ciri khas kalian.

Sehingga orang akan mengingat bahwa kalian atau channel kalian adalah tentang dunia hewan peliharaan.

2. Konsep Video
Nah yang satu ini kalian wajib menentukan bahwa channel atau video kalian akan memiliki konsep yang seperti apa, tema video nya mau apa.

Misalnya tentang tutorial, prank, motivasi, vlog, food vlogger, sosial eksperimen, game atau yang lainnya.

Terkait konsep video ini sangat disarankan diawal kalian harus menentukan satu konsep dulu, sebaiknya jangan gado-gado. Gado-Gado disini maksudnya adalah kalian membuat video dengan semua tema atau konsep dibuat dan diupload ke channel youtube kalian.

Fokus dulu diawal ke satu konsep agar para viewer bisa mengenail channel kalian dulu, baru setelah jumlah subscriber bertambah banyak kalian bisa membuat video-video dengan tema atau konsep yang lainnya. Sehingga subscriber kalian tidak bingung tentang tema atau konsep dari video kalian.

3. Variasi
Setelah jumlah subscriber kalian bertambah banyak, anggaplah pada titik ini kalian sudah memiliki 100k-200k subscriber baru kalian bisa membuat variasi dari tema dan konsep video yang kalian buat.

Hal ini bertujuan agar para subscriber atau viewer kalian tidak bosan dan mendapatkan sensasi yang berbeda dari kalian.

Variasi ini harus dilakukan ketika jumlah subscriber kalian sudah banyak kenapa? Karena jika jumlah viewer atau subscribernya masih sedikit lalu kalian membuat variasi dengan video yang gado-gado maka viewer tidak akan mendapatkan kesan karena diri kalian belum dikenal.

Oke itulah 3 Pondasi Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Seorang Youtuber. Kalian bisa mulai memikirkannya sebelum melakangkah ke dalam hal-hal teknis untuk menjadi seorang youtuber. Karena mindset jauh lebih penting dibanding teknis.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share kepada teman-teman kalian ya ... agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Semoga Bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Penghasil Uang Yang Masih Bisa Kamu Gunakan di tahun 2020

Cara Jualan di Internet Tahun 2020

5 Topik Youtube Yang Paling Disukai